Minggu, April 18, 2021
  • Regulasi
  • TV Literasi

Soal Rencana Impor Rektor Asing, Menristekdikti: Presiden Jokowi Setuju

Baca Juga

SEMARANG – Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir mengaku telah mengantongi izin dari Presiden Jokowi soal rencana pemerintah yang akan mengimpor rektor asing untuk memimpin perguruan tinggi di Indonesia.

“Sudah saya sampaikan secara lisan, Bapak Presiden setuju,” kata Nasir usai menghadiri pengambilan sumpah dokter baru Universitas Diponegoro (Undip) di Semarang, Jawa Tengah, Kamis (1/8).

Atas persetujuan Presiden itu, kata Nasir, rencana tersebut akan disampaikan dalam rapat kabinet untuk dapat ditanggapi.

Tahapan berikutnya, menurutnya, akan dilakukan perbaikan terhadap tata kelola serta peraturan perundang-undangan yang berlaku. “Budget, sistem akan ditata. Undang-undang harus diperbaiki,” terangnya.

Ia menuturkan di Indonesia terdapat sekitar 4.700 perguruan tinggi. Penerapan wacana rektor asing yang akan dimulai pada 2020 itu, katanya, diawali dengan pemetaan perguruan tinggi yang akan melaksanakannya.

Pada tahap awal, lanjutnya, akan diambil contoh di dua sampai lima perguruan tinggi untuk pelaksanaannya.

“Bisa PTNBH, bisa swasta, akan dilihat dulu,” tukasnya.

SumberAnt
ViaHrn

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terpopuler

Tingkat Literasi Pelajar Indonesia Masih Rendah, Inilah Hasil Survei PISA

Kompetensi membaca pelajar Indonesia menurut hasil survei PISA 2015 meraih nilai 397. Angka ini jauh di bawah  rata-rata OECD sebesar 493. Demikian pula skor kompetensi matematika hanya 386, tertinggal dari rata-rata OECD sebesar 490.

Inilah 14 Dosen IAIN Pekalongan Yang Lolos Nominee Bantuan Hibah Kemenag 2020

Pengumuman nominee tersebut merujuk pada Surat Keputusan yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia (Dirjen Pendis Kemenag RI) Nomor 5042 Tahun 2019, tertanggal 10 September 2019.

Berita Terkait

close