Jumat, November 27, 2020
  • Pendidikan
  • TV Literasi

Turki Hapus Pelajaran Evolusi Darwin dari Kurikulum Sekolah

Baca Juga

ANKARA – Pemerintah Turki dalam rancangan kurikulum pendidikan yang baru melarang sekolah-sekolah mengajarkan teori evolusi Charles Darwin kepada para siswa. Alasannya karena teori tersebut dianggap menuai perdebatan, kontroversial, dan telalu sulit dipahami siswa.

“Kami yakin subyek ini (teori evolusi) jauh melampaui pemahaman para siswa,” kata Kepala Dewan Kurikulum Nasional di Kementerian Pendidikan Turki Alpaslan Durmus, seperti dilaporkan laman The Telegraph, Jumat (24/6).

Durmus menambahkan, satu bab soal evolusi sudah disingkirkan dari buku pelajaran biologi kelas sembilan dan baru akan diajarkan di level universitas.

Menurutnya, keputusan ini cukup tepat. Sebab siswa kelas sembilan tidak diberi pendahulunya untuk mendiskusikan bagian ‘Asal Kehidupan dan Evolusi’ di kelas biologi.

“Bagian ini akan tertunda hingga studi sarjana,” ujar Durmus.

Ia mengatakan, rancangan terkait penghapusan materi tentang teori evolusi Charles Darwin telah diajukan kepada Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

“Sang presiden juga telah menyepakati rancangan tersebut,” kata Durmus.

Bukan itu saja, kurikulum baru nanti juga akan memangkas jam pengajaran materi sekularisme warisan Mustafa Kemal Ataturk.

Perubahan final kurikulum pendidikan Turki akan diumumkan pekan depan setelah perayaan hari raya Idul Fitri.

Sejumlah media massa Turki menyebut, kurikulum baru nanti akan menambah jam pelajaran agama dengan penekanan pada kontribusi ilmuwan Turki dan Muslim dalam sejarah dunia.

“Perubahan ini didasari konsultasi publik yang melibatkan orangtua murid dan masyarakat secara luas,” kata Durmus.

Masalah teori evolusi ini memicu perdebatan awal tahun ini ketika Wakil Perdana Menteri Numan Kurtulmus menyebut teori itu kuno dan tak memiliki bukti kuat. (IwanY)

2 KOMENTAR

  1. Teori evolusi hanya ilusi tidak berdasarkan fakta ilmiah. Teori ini dibangun oleh anti Tuhan untuk menjauhkan dari kesimpulan bahwa semua mahluk adalah diciptakan lengkap sempurna sejak awal.. Sebagai umat beriman saatnya mengembalikan kepemahaman yang hakiki, alam semesta dan semua mahluk didalamnya adalah karya Allah SWT, Sang Maha Pencipta..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terpopuler

Perpustakaan Tulungagung Dapat Tambahan Koleksi Sebanyak 586 Judul Buku

Sebanyak 586 judul buku baru tersebut terdiri dari 365 judul dalam bentuk buku elektronik (e-book), dan 221 judul dalam bentuk buku fisik dengan jumlah buku sebanya 275 buah.

Inilah 14 Dosen IAIN Pekalongan Yang Lolos Nominee Bantuan Hibah Kemenag 2020

Pengumuman nominee tersebut merujuk pada Surat Keputusan yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia (Dirjen Pendis Kemenag RI) Nomor 5042 Tahun 2019, tertanggal 10 September 2019.

Sleepover dan Membangun Karakter

Di luar itu semua, ada juga yang kombinasi dari beberapa alasan di atas. Apa pun alasannya, kegiatan sleepover ternyata bermanfaat untuk membangun kohesi sosial, keterikatan serta pembangunan karakter, saling memahami, dan membangun sifat toleransi

Berita Terkait

close