Kamis, September 24, 2020
  • TV Literasi

FSGI: Digitalisasi Belum Jadi Prioritas dalam Pendidikan

Baca Juga

JAKARTA – Wakil Sekretaris Jenderal Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI), Satriwan Salim berpendapat sebenarnya saat ini digitalisasi belum menjadi prioritas dalam pendidikan.

Hal itu disampaikan Satriwan menanggapi program digitalisasi sekolah oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

“Sesungguhnya saat ini lebih urgent dan mendesak, jika pemerintah memberikan perangkat komputer/laptop kepada sekolah, untuk membantu proses pembelajaran dan administrasi di sekolah,” kata Satriwan sebagaimana dilansir Republika.co.id, Ahad (15/9).

Dilengkapinya perlengkapan berupa komputer atau laptop, kata Satriwan, juga bisa membantu sekolah untuk melakukan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Sebab, selama ini untuk UNBK masih ada sekolah yang meminjam dan dinilainya sangat tidak efektif.

“Lagipula di kota dan daerah sekarang umumnya, sudah memiliki gawai. Pemerintah mestinya bisa lebih fokus pengadaan sarpras sekolah yang mendesak, pembangunan sekolah rusak, ini yg mesti jadi prioritas sebaiknya,” katanya.

Padahal, lanjutnya, kapasitas manusianya belum disiapkan. “Makanya yang pokok itu sebenarnya komputer/laptop, yang manfaatnya beragam, bisa untuk UNBK, pembelajaran di kelas, administrasi dan sebagainya, ketimbang gawai,” tuturnya.

Lebih lanjut, Satriwan beranggapan digitalisasi ini akan mengubah gaya belajar siswa sehingga orang tua dan guru harus pandai menemani anak belajar.

Selain itu, Kemendikbud juga harus memastikan sekolah dan daerah yang akan diberikan gawai masuk jaringan listrik dan memiliki sinyal yang bagus.

“Sebab, status penggunaan ini pasti akan mengubah strategi belajar siswa,” tukasnya.

SumberRepublika

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terpopuler

Kemenag Undang Siswa Madrasah Aliyah Ikuti Lomba Karya Ilmiah

Kementerian Agama melalui Direktorat Pendidkan Madrasah (Ditpenmad) kembali menggelar Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI). Event tahun ini merupakan gelaran kali kelima.

Berita Terkait

close