Selasa, Desember 7, 2021
  • Pendidikan
  • TV Literasi

Pengenalan Pendidikan Sejak Dini, Awal Pembentukan Karakter Anak

Baca Juga

SURABAYA, SERUJI.CO.ID – Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2018, merupakan momen khusus dimana orang tua maupun keluarga mengenalkan dunia pendidikan pada anak sejak dini. Hal ini diungkapkan Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia, Jatim Drs. Ichwan Sumadi.

Pentingnya pengenalan dunia pendidikan sejak dini, sebagai pondasi awal untuk membentuk suatu karakter anak melalui hal positif, maka orang tua harus turut bertanggung jawab dalam hal tersebut.

“Pendidikan menjadi tanggung jawab bersama, bukan hanya guru, melainkan tanggung jawab pemerintah, masyarakat dan keluarga,” ujar Ichwan saat dikonfirmasi SERUJI, Rabu (2/5).

Dijelaskan oleh Ichwan, pentingnya membangun pendidikan karakter yang dimulai dari keluarga, karena pondasi awal perlu dimulai dari lingkungan luar sekolah yakni keluarga.

“Ketika pondasi awal karakter anak dimulai dari keluarga, maka pihak pendidik hanya mengembangkan dan menebar pilihan karakter anak tersebut,” terangnya.

Namun jika keluarga besar belum membekali dengan baik, lanjut Ichwan nantinya akan sulit membiasakan melakukan hal baik di sekolah, karena pendidikan harus dimulai sejak dini .

“Pendidikan memang harus dimulai sejak dini, misalnya ketika anak masih didalam kandungan, sudah mengawali proses pendidikan, dalam ilmu kesehatan anak yang masih dalam kandungan sudah didengarkan musik yang merdu mendayu-dayu dan ayat Al-Quran,” ujarnya. (Devan/Hrn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terpopuler

Ombudsman: Sekolah Jual Seragam dan LKS ke Siswa Bisa Disanksi Administrasi dan Pidana

Agus menegaskan bahwa jual beli seragam, buku pelajaran dan LKS yang dilakukan pihak sekolah merupakan mal administrasi, sebuah pelanggaran administrasi, juga dapat dikategorikan sebagai tindakan Pungutan Liar atau Pungli, yang dapat dikenakan sanksi pidana bagi pelakunya.

Walau Telah Berusia 71 Tahun, Gondo Berhasil Rampungkan Pendidikan S-2 di ITS

Tekad besar Soejoto untuk menuntut ilmu membawanya dalam tujuan yang diinginkan. Pria yang selalu ceria ini sukses menuntaskan program magister (S-2) Teknik Kimia ITS dan resmi diwisuda di Graha Sepuluh Nopember ITS pada Ahad (15/9) kemarin.

Perpustakaan Tulungagung Dapat Tambahan Koleksi Sebanyak 586 Judul Buku

Sebanyak 586 judul buku baru tersebut terdiri dari 365 judul dalam bentuk buku elektronik (e-book), dan 221 judul dalam bentuk buku fisik dengan jumlah buku sebanya 275 buah.

Berita Terkait

close