Minggu, April 28, 2024
  • Pendidikan
  • TV Literasi

Pengenalan Pendidikan Sejak Dini, Awal Pembentukan Karakter Anak

Baca Juga

SURABAYA, SERUJI.CO.ID – Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2018, merupakan momen khusus dimana orang tua maupun keluarga mengenalkan dunia pendidikan pada anak sejak dini. Hal ini diungkapkan Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia, Jatim Drs. Ichwan Sumadi.

Pentingnya pengenalan dunia pendidikan sejak dini, sebagai pondasi awal untuk membentuk suatu karakter anak melalui hal positif, maka orang tua harus turut bertanggung jawab dalam hal tersebut.

“Pendidikan menjadi tanggung jawab bersama, bukan hanya guru, melainkan tanggung jawab pemerintah, masyarakat dan keluarga,” ujar Ichwan saat dikonfirmasi SERUJI, Rabu (2/5).

Dijelaskan oleh Ichwan, pentingnya membangun pendidikan karakter yang dimulai dari keluarga, karena pondasi awal perlu dimulai dari lingkungan luar sekolah yakni keluarga.

“Ketika pondasi awal karakter anak dimulai dari keluarga, maka pihak pendidik hanya mengembangkan dan menebar pilihan karakter anak tersebut,” terangnya.

Namun jika keluarga besar belum membekali dengan baik, lanjut Ichwan nantinya akan sulit membiasakan melakukan hal baik di sekolah, karena pendidikan harus dimulai sejak dini .

“Pendidikan memang harus dimulai sejak dini, misalnya ketika anak masih didalam kandungan, sudah mengawali proses pendidikan, dalam ilmu kesehatan anak yang masih dalam kandungan sudah didengarkan musik yang merdu mendayu-dayu dan ayat Al-Quran,” ujarnya. (Devan/Hrn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terpopuler

Profesi Guru Menempati Posisi Tertinggi Dalam Kasus Perceraian di Jatim

"Selalu yang tertinggi (perceraian) adalah guru, ini kasus Jawa Timur. Kalau guru menjadi tertinggi, saya tidak bisa membayangkan karena anak-anak di kelas itu panutannya adalah guru," kata Khofifah

Berita Terkait

close