Senin, Agustus 10, 2020
  • Pendidikan
  • TV Literasi

Pemprov Jawa Tengah Membolehkan SLTA di Daerah Itu Pungut Sumbangan

Baca Juga

SEMARANG – Pemerintah provinsi Jawa Tengah lewat Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Tengah membolehkan SLTA di daerah tersebut melakukan penggalangan sumbangan dari orangtua atau wali siswa.

Hal itu disampaikan Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Tengah, Padmaningrum terkait adanya dugaan pungutan liar yang menjadi temuan Ombudsman Jawa Tengah.

“Pungutan diperbolehkan asal tidak memasksa dan tidak semua siswa harus membayar. Orang miskin dibebaskan segalanya,” kata Padmaningrum, Semarang, Jawa Tengah, sebagaimana dilansir medco.id, Senin (7/10).

Menurut Padmaningrum masyarakat punya peran serta dalam menentukan anggaran pendidikan melalui Komite Sekolah.

Terkait sekolah-sekolah di Jateng yang dilaporkan Ombudsman melakukan pungutan liar, Padmaningrum menjelaskan bahwa pihaknya sudah melakukan pembinaan ke sekolah-sekolah tersebut.

“Kita sudah sidak ke lapangan bersama dinas dan sudah kita bina. Sanksi uang harus dikembalikan,” jelasnya.

Padmaningrum menyatakan sebetulnya Dinas Pendidikan telah mengawal sekolah-sekolah yang telah bermasalah tersebut. Caranya Dinas Pendidikan mengeluarkan surat edaran yang intinya mewajibkan sekolah menyusun rencana kebutuhan.

“Sekolah harus menyusun RK sesuai dengan kebutuhan sekolah. Mereka harus menselaraskan kebutuhan sekolah dengan dana BOS,” ujarnya.

Menurut Padmaningrum, surat edaran bertujuan menertibkan sekolah-sekolah di Jateng.

“Kita tetap mengawal sehingga mereka tidak liar dalam melakukan pungutan sekolah,” tukasnya.

SumberMedcom

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terpopuler

Sleepover dan Membangun Karakter

Di luar itu semua, ada juga yang kombinasi dari beberapa alasan di atas. Apa pun alasannya, kegiatan sleepover ternyata bermanfaat untuk membangun kohesi sosial, keterikatan serta pembangunan karakter, saling memahami, dan membangun sifat toleransi

Menag Kunjungi Rumah Penerima Bidik Misi IAIN Purwokerto

Kepada Emilia, gadis yang sudah ditinggal ibundanya sejak 40 hari kelahirannya, Menag berpesan agar program bidik misi ini terus diterima hingga kuliahnya selesai empat tahun atau delapan semester, maka prestasinya harus terjaga dan tidak boleh turun.

Kemendikbud Dorong Produser untuk Kembangkan Film yang Mendidik

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Pusat Pengembangan Perfilman (Pusbangfilm) memberikan apresiasi dan penghargaan kepada para produser yang filmnya berhasil mendapatkan lebih dari 1 juta penonton.

Kemenag Undang Siswa Madrasah Aliyah Ikuti Lomba Karya Ilmiah

Kementerian Agama melalui Direktorat Pendidkan Madrasah (Ditpenmad) kembali menggelar Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI). Event tahun ini merupakan gelaran kali kelima.

Indonesia dan Belanda Kerjasama Revitalisasi Pendidikan Kejuruan

JAKARTA -  Indonesia melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Pemerintah Belanda melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, dan Sains menandatangani tiga naskah kerja sama di...

Berita Terkait

close