Minggu, Oktober 17, 2021
  • TV Literasi

Profesi Guru Menempati Posisi Tertinggi Dalam Kasus Perceraian di Jatim

Baca Juga

SURABAYA – Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa mengungkapkan, angka perceraian di wilayahnya masih tinggi. Namun, ia tidak spesifik menjabarkan persentasenya.

Sebagaimana diberitakan Republika.co.id (17/9), Khofifah menyatakan, pernah melakukan penelitian terkait permasalahan itu. Dari penelitian tersebut diketahui penyebab utama perceraian di Jatim adalah karena adanya orang ketiga.

“Perceraian, kalau di Jawa Timur penyebab tertingginya tidak harmonis. Ini pernah diteliti secara khusus. Tidak harmonisnya karena apa? Bukan masalah dana, atau faktor ekonomi, tapi karena ada wanita idaman lain,” kata Khofifah di Surabaya, Selasa (17/9).

Khofifah melanjutkan, jika dilihat berdasarkan profesi, maka yang paling banyak melakukan perceraian di Jatim adalah guru.

“Selalu yang tertinggi (perceraian) adalah guru, ini kasus Jawa Timur. Kalau guru menjadi tertinggi, saya tidak bisa membayangkan karena anak-anak di kelas itu panutannya adalah guru,” kata Khofifah.

Khofifah melanjutnya, penyebab perceraian di Jatim memang berbeda dengan wilayah di pulau Jawa lainnya. Di Jawa Tengah misalnya, penyebab utama perceraian adalah tidak adanya tanggung jawab. Kemudian di Jawa Barat, penyebab utama perceraian adalah karena faktor ekonomi.

“Penyebab-penyebab seperti ini harus kita identifikasi. Kita harus sering ketemu dengan pengadilan agama. Itu juga yang saya lakukan ketika sudah menjadi gubernur. Saya mau mendengar penyebab perceraiannya apa,” ujar gubernur perempuan pertama di Jatim tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terpopuler

Sleepover dan Membangun Karakter

Di luar itu semua, ada juga yang kombinasi dari beberapa alasan di atas. Apa pun alasannya, kegiatan sleepover ternyata bermanfaat untuk membangun kohesi sosial, keterikatan serta pembangunan karakter, saling memahami, dan membangun sifat toleransi

Menag Kunjungi Rumah Penerima Bidik Misi IAIN Purwokerto

Kepada Emilia, gadis yang sudah ditinggal ibundanya sejak 40 hari kelahirannya, Menag berpesan agar program bidik misi ini terus diterima hingga kuliahnya selesai empat tahun atau delapan semester, maka prestasinya harus terjaga dan tidak boleh turun.

Kemendikbud Dorong Produser untuk Kembangkan Film yang Mendidik

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Pusat Pengembangan Perfilman (Pusbangfilm) memberikan apresiasi dan penghargaan kepada para produser yang filmnya berhasil mendapatkan lebih dari 1 juta penonton.

Kemenag Undang Siswa Madrasah Aliyah Ikuti Lomba Karya Ilmiah

Kementerian Agama melalui Direktorat Pendidkan Madrasah (Ditpenmad) kembali menggelar Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI). Event tahun ini merupakan gelaran kali kelima.

Indonesia dan Belanda Kerjasama Revitalisasi Pendidikan Kejuruan

JAKARTA -  Indonesia melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Pemerintah Belanda melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, dan Sains menandatangani tiga naskah kerja sama di...

Berita Terkait

close