Minggu, Maret 29, 2020
  • Pendidikan
  • TV Literasi

Tingkat Literasi Pelajar Indonesia Masih Rendah, Inilah Hasil Survei PISA

Baca Juga

JAKARTA – Tingkat literasi pelajar-pelajar di Indonesia masih rendah dibandingkan dengan pelajar dari negara-negara lainnya. Ini tercermin dari skor literasi Programe for International Student Assessment (PISA) Indonesia yang berada di kisaran 400. Indonesia pada survei 2015 berada di peringkat ke-62 dari 72 negara yang disurvei.

Dikutip dari databoks.katadata.co.id, kompetensi membaca pelajar Indonesia menurut hasil survei PISA 2015 meraih nilai 397. Angka ini jauh di bawah  rata-rata OECD sebesar 493.

Demikian pula skor kompetensi matematika hanya 386, tertinggal dari rata-rata OECD sebesar 490. Skor kompetensi sains sebesar 403 juga di bawah rata-rata OECD sebesar 493.

PISA merupakan pengujian yang diinisiasi oleh Organisation for Economic Cooperation and Development (OECD) untuk mengevaluasi sistem pendidikan di 72 negara yang disurvei.

Dalam survei ini, pelajar yang berusia 15 tahun dipilih secara acak untuk mengikuti uji kompetensi dasar membaca, matematika, dan sains. Survei ini untuk mengukur apa yang dapat diaplikasikan siswa dari ilmu pengetahuan yang diperolehnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terpopuler

Menristekdikti Dorong Perkuliahan dengan Sistem Daring

SOLO, SERUJI.CO.ID - Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir mendorong perguruan-perguruan tinggi di Indonesia menerapkan perkuliahan dengan sistem daring atau online....

Kemensos Berencana Beri Beasiswa Kepada Anak Terdampak Teror

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Kementerian Sosial berencana memberikan beasiswa kepada anak mantan teroris atau mereka yang terdampak kejadian teror. Menteri Sosial Idrus Marham yang ditemui di Wisuda...

Pengamat: UN Bisa Rugikan Peserta Didik

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Pemerhati pendidikan dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Said Hamid Hasan mengatakan perlu adanya konsep kebijakan untuk perbaiki pendidikan di Tanah Air. "Adanya...

Berita Terkait

close