Selasa, Desember 7, 2021
  • Pendidikan
  • TV Literasi

‘Words on Wheels’ Perpustakaan Keliling di Yogyakarta Diresmikan

Baca Juga

YOGYAKARTA, SERUJI.CO.ID – Apakah Anda masih sering berkunjung ke perpustakaan? Di Yogyakarta, kini ada layanan perpustakaan keliling yang setiap hari melayani pembaca.

Layanan perpustakaan keliling ini mengusung nama ‘Words on Wheels’ atau disingkat WoW. WoW baru saja diresmikan pada Senin (13/11) dan siap menyambangi sekolah-sekolah yang ada di Yogyakarta.

Pantauan SERUJI pada Senin, di halaman SDN Timuran Yogyakarta, WoW sudah menyambangi para siswa dan siap memberikan pelayanan perpustakaan bagi siswa dengan beragam koleksi buku.

Para siswa SDN Timuran tampak antusias dengan kehadiran perpustakaan keliling ini.

Tampak hadir, Yaacob Ibrahim selaku Menteri Komunikasi Informasi Singapura yang melihat kondisi perpustakaan keliling yang ada di SDN Timuran.

“Program WoW merupakan pustaka keliling yang diprakasrsai dan dikelola SIF (Singapore International Foundation, red) yang bertujuan menanamkan budaya membaca dan belajar bagi kalangan anak-anak dan remaja di masyarakat setempat,” kata Yaacob.

Yaacob menambahkan, program ini pertama kali diluncurkan pada 2011. Program WoW sudah diterapkan di Vietnam, Sri Lanka, dan Indonesia di Kota Bandung. Program ini telah diakses lebih dari 40 ribu siswa.

“Perpustakaan keliling biasa kami manfaatkan untuk mengembangkan anak-anak yang berhubungan dengan kegiatan literasi,” ujar Kepala Sekolah SDN Timuran Esti Kartini.

Sebelumnya perpustakaan keliling memang sudah ada, namun perpustakaan keliling sebelumnya merupakan program milik Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Yogyakarta.

Tidak hanya buku yang dibawa oleh perpustakaan keliling, Words on Wheels juga membawa serta beberapa laptop dan tablet, untuk menunjang kegiatan literasi yang telah disediakan oleh WoW.

Rafanita seorang murid SDN Timuran salah satu yang senang dengan adanya kehadiran WoW di sekolah mereka.

“Suka baca yang ada di tablet, soalnya lebih menarik,” ujar siswi kelas 6 tersebut.

Kedepanya, Words on Wheels tidak hanya akan menyambangi SD saja, namun juga SMP dan SMA. (Hanif/SU02)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terpopuler

Walau Telah Berusia 71 Tahun, Gondo Berhasil Rampungkan Pendidikan S-2 di ITS

Tekad besar Soejoto untuk menuntut ilmu membawanya dalam tujuan yang diinginkan. Pria yang selalu ceria ini sukses menuntaskan program magister (S-2) Teknik Kimia ITS dan resmi diwisuda di Graha Sepuluh Nopember ITS pada Ahad (15/9) kemarin.

Ombudsman: Sekolah Jual Seragam dan LKS ke Siswa Bisa Disanksi Administrasi dan Pidana

Agus menegaskan bahwa jual beli seragam, buku pelajaran dan LKS yang dilakukan pihak sekolah merupakan mal administrasi, sebuah pelanggaran administrasi, juga dapat dikategorikan sebagai tindakan Pungutan Liar atau Pungli, yang dapat dikenakan sanksi pidana bagi pelakunya.

Wow! Belum Sebulan, Buku “Mantappu Jiwa” Jerome Polin Sudah Terjual 20 Ribu Eksemplar

Buku 'Mantappu Jiwa' berisi catatan-catatan Jerome yang gigih memperjuangkan pendidikan sampai mendapat beasiswa penuh program sarjana Mitsui Bussan di Waseda University, Jepang.

Perpustakaan Tulungagung Dapat Tambahan Koleksi Sebanyak 586 Judul Buku

Sebanyak 586 judul buku baru tersebut terdiri dari 365 judul dalam bentuk buku elektronik (e-book), dan 221 judul dalam bentuk buku fisik dengan jumlah buku sebanya 275 buah.

Berita Terkait

close