Kamis, Oktober 1, 2020
  • TV Literasi

Tema FLS2N 2019: Menumbuhkembangkan Seni, Menguatkan Karakter

Baca Juga

JAKARTA – Gerakan transformasi berkelanjutan bagi pembangunan pola pikir peserta didik diarahkan lewat wadah penyaluran bakat dan minat. Untuk memberikan motivasi dan menyalurkan bakat serta minat siswa salah satunya terhadap seni dan budaya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia melalui Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas, menyelenggarakan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional atau yang disingkat dengan FLS2N.

Kegiatan yang telah berlangsung sejak tahun 2008 ini merupakan wujud kemandirian sekaligus semangat yang ingin ditumbuhkan kepada seluruh peserta didik di Indonesia, agar melalui seni mereka dapat menghasilkan karya terbaik dengan semangat juang yang tinggi.

Dari tahun ke tahun penyelenggaraannya, FLS2N bukan hanya sekadar kompetisi. Namun, gelaran ini juga sudah menjadi wahana pembuktian kemampuan putra-putri Indonesia dalam mengembangkan bakat mereka, khususnya di bidang seni yang berakar pada budaya asli Indonesia.

FLS2N ke-11 tahun ini diselenggarakan di Kota Bandar Lampung pada 15-21 September 2019. Tema nasional yang diangkat pada FLS2N 2019 ini adalah ‘Menumbuhkembangkan Seni, Menguatkan Karakter’. Sedangkan tema untuk jenjang SMA adalah ‘Bersama dalam Seni’.

Melalui tema ini, diharapkan FLS2N dapat membentuk karakter siswa yang jujur, optimis dan memiliki semangat kebersamaan yang tinggi dalam mewujudkan bangsa dan negara yang kuat serta berdaulat.

Ada sembilan bidang seni yang dilombakan pada FLS2N Tingkat SMA, yaitu Baca Puisi, Cipta Puisi, Seni Kriya, Desain Poster, Tari Kreasi Berpasangan, Vokal Solo, Gitar Solo, Film Pendek dan Monolog. Ketujuh bidang lomba ini akan dilaksanakan di beberapa lokasi yaitu Taman Budaya Kota Bandar Lampung, Dewan Kesenian Lampung (DKL), SMAN 2 Lampung, Hotel Sheraton, Hotel Batiqa, dan Hotel Emersia.

Selain jenjang SMA, FLS2N 2019 juga diikuti oleh siswa tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Pembinaan Pendidikan Khusus (PPK). Jenjang SMK diisi dengan perlombaan Menyanyi Solo, Tari Tradisional, Musik Tradisional Daerah, Solo Gitar Klasik, Teater, Fim pendek dan Permainan Tradisional. Khusus untuk jenjang PPK, juga diperlombakan bidang seni Menyanyi Solo, Tari, Pantomim, Melukis, Desain Grafis, dan MTQ.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terpopuler

Kitab Kuning, (Apakah) Sudah Terlupakan?

Ada banyak nama sebagai sebutan lain dari kitab yang menjadi referensi wajib di pesantren ini disebut “kitab kuning” karena memang kertas yang digunakan dalam kitab-kitab tersebut berwarna kuning.

Inilah 14 Dosen IAIN Pekalongan Yang Lolos Nominee Bantuan Hibah Kemenag 2020

Pengumuman nominee tersebut merujuk pada Surat Keputusan yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia (Dirjen Pendis Kemenag RI) Nomor 5042 Tahun 2019, tertanggal 10 September 2019.

Berita Terkait

close