Selasa, Juni 2, 2020
  • Pendidikan
  • TV Literasi

Sumut Berhasil Pecahkan Rekor MURI Pengguna Big Book Terbanyak

Baca Juga

MEDAN, SERUJI.CO.ID – Pegiat literasi di Sumatera Utara (Sumut) berhasil pecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) pengguna Big Book terbanyak di Indonesia. MURI mencatat ada 1.486 peserta pegiat literasi yang mengikuti kegiatan pelatihan massal dengan menggunakan Big Book.

Pemecahan rekor MURI ini dalam rangka puncak acara festival literasi Sumatera Utara dengan pelatihan penggunaan Big Book di halaman Dinas Perpustakaan dan Arsip Sumatera Utara, Jalan Brigjen Katamso, Medan, Rabu (18/10).

Adapun 1.486 peserta, terdiri dari berbagai kalangan seperti guru, mahasiswa, pelajar, komunitas, dan masyarakat.

“Awalnya panitia melaporkan ada sekitar 500 peserta saja yang akan mengikutinya. Tapi ternyata ada 1.486 pegiat literasi yang hadir. Karena itu, MURI memberikan piagam penghargaan kepada Provinsi Sumatera Utara dengan rekor pengguna Big Book terbanyak di Indonesia,” kata Andre Purwandono perwakilan MURI.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Utara, T Erry Nuradi mengatakan, penghargaan MURI yang diperoleh tersebut akan menambah semangat Provinsi Sumut untuk terus mendorong seluruh masyarakat rajin membaca dan memaknai, serta menerapkan apa yang dibaca.

“Kita terus menggiatkan literasi. Apalagi sekarang ada teknologi, kita bisa melihat melalui smartphone. Pemecahan rekor MURI ini juga untuk memeragakan pembacaan Big Book kepada pegiat literasi yang hadir,” pungkasnya.

Kadis Perpustakaan dan Arsip Provinsi Sumut, Ferlin Nainggolan mengatakan bahwa kegiatan festival literasi Sumut 2017 ini merupakan salah satu bentuk dukungan kepada Pemprov Sumut sebagai provinsi literasi yang telah dideklarasikan pada Mei 2017.

“Sumut menjadi provinsi literasi ke empat di Indonesia. Ini salah satu bentuk komitmen Pemprov Sumut. Kegiatan ini menunjukkan betapa pedulinya kita untuk gerakan membaca dan menulis di Indonesia, khususnya Provinsi Sumatera Utara,” jelasnya. (Mica/Hrn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terpopuler

Sleepover dan Membangun Karakter

Di luar itu semua, ada juga yang kombinasi dari beberapa alasan di atas. Apa pun alasannya, kegiatan sleepover ternyata bermanfaat untuk membangun kohesi sosial, keterikatan serta pembangunan karakter, saling memahami, dan membangun sifat toleransi

Menag Kunjungi Rumah Penerima Bidik Misi IAIN Purwokerto

Kepada Emilia, gadis yang sudah ditinggal ibundanya sejak 40 hari kelahirannya, Menag berpesan agar program bidik misi ini terus diterima hingga kuliahnya selesai empat tahun atau delapan semester, maka prestasinya harus terjaga dan tidak boleh turun.

Kemendikbud Dorong Produser untuk Kembangkan Film yang Mendidik

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Pusat Pengembangan Perfilman (Pusbangfilm) memberikan apresiasi dan penghargaan kepada para produser yang filmnya berhasil mendapatkan lebih dari 1 juta penonton.

Kemenag Undang Siswa Madrasah Aliyah Ikuti Lomba Karya Ilmiah

Kementerian Agama melalui Direktorat Pendidkan Madrasah (Ditpenmad) kembali menggelar Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI). Event tahun ini merupakan gelaran kali kelima.

Indonesia dan Belanda Kerjasama Revitalisasi Pendidikan Kejuruan

JAKARTA -  Indonesia melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Pemerintah Belanda melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, dan Sains menandatangani tiga naskah kerja sama di...

Berita Terkait

close