Selasa, Desember 7, 2021
  • Pendidikan
  • TV Literasi

Sumut Berhasil Pecahkan Rekor MURI Pengguna Big Book Terbanyak

Baca Juga

MEDAN, SERUJI.CO.ID – Pegiat literasi di Sumatera Utara (Sumut) berhasil pecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) pengguna Big Book terbanyak di Indonesia. MURI mencatat ada 1.486 peserta pegiat literasi yang mengikuti kegiatan pelatihan massal dengan menggunakan Big Book.

Pemecahan rekor MURI ini dalam rangka puncak acara festival literasi Sumatera Utara dengan pelatihan penggunaan Big Book di halaman Dinas Perpustakaan dan Arsip Sumatera Utara, Jalan Brigjen Katamso, Medan, Rabu (18/10).

Adapun 1.486 peserta, terdiri dari berbagai kalangan seperti guru, mahasiswa, pelajar, komunitas, dan masyarakat.

“Awalnya panitia melaporkan ada sekitar 500 peserta saja yang akan mengikutinya. Tapi ternyata ada 1.486 pegiat literasi yang hadir. Karena itu, MURI memberikan piagam penghargaan kepada Provinsi Sumatera Utara dengan rekor pengguna Big Book terbanyak di Indonesia,” kata Andre Purwandono perwakilan MURI.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Utara, T Erry Nuradi mengatakan, penghargaan MURI yang diperoleh tersebut akan menambah semangat Provinsi Sumut untuk terus mendorong seluruh masyarakat rajin membaca dan memaknai, serta menerapkan apa yang dibaca.

“Kita terus menggiatkan literasi. Apalagi sekarang ada teknologi, kita bisa melihat melalui smartphone. Pemecahan rekor MURI ini juga untuk memeragakan pembacaan Big Book kepada pegiat literasi yang hadir,” pungkasnya.

Kadis Perpustakaan dan Arsip Provinsi Sumut, Ferlin Nainggolan mengatakan bahwa kegiatan festival literasi Sumut 2017 ini merupakan salah satu bentuk dukungan kepada Pemprov Sumut sebagai provinsi literasi yang telah dideklarasikan pada Mei 2017.

“Sumut menjadi provinsi literasi ke empat di Indonesia. Ini salah satu bentuk komitmen Pemprov Sumut. Kegiatan ini menunjukkan betapa pedulinya kita untuk gerakan membaca dan menulis di Indonesia, khususnya Provinsi Sumatera Utara,” jelasnya. (Mica/Hrn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terpopuler

Walau Telah Berusia 71 Tahun, Gondo Berhasil Rampungkan Pendidikan S-2 di ITS

Tekad besar Soejoto untuk menuntut ilmu membawanya dalam tujuan yang diinginkan. Pria yang selalu ceria ini sukses menuntaskan program magister (S-2) Teknik Kimia ITS dan resmi diwisuda di Graha Sepuluh Nopember ITS pada Ahad (15/9) kemarin.

Ombudsman: Sekolah Jual Seragam dan LKS ke Siswa Bisa Disanksi Administrasi dan Pidana

Agus menegaskan bahwa jual beli seragam, buku pelajaran dan LKS yang dilakukan pihak sekolah merupakan mal administrasi, sebuah pelanggaran administrasi, juga dapat dikategorikan sebagai tindakan Pungutan Liar atau Pungli, yang dapat dikenakan sanksi pidana bagi pelakunya.

Wow! Belum Sebulan, Buku “Mantappu Jiwa” Jerome Polin Sudah Terjual 20 Ribu Eksemplar

Buku 'Mantappu Jiwa' berisi catatan-catatan Jerome yang gigih memperjuangkan pendidikan sampai mendapat beasiswa penuh program sarjana Mitsui Bussan di Waseda University, Jepang.

Perpustakaan Tulungagung Dapat Tambahan Koleksi Sebanyak 586 Judul Buku

Sebanyak 586 judul buku baru tersebut terdiri dari 365 judul dalam bentuk buku elektronik (e-book), dan 221 judul dalam bentuk buku fisik dengan jumlah buku sebanya 275 buah.

Berita Terkait

close