Selasa, Desember 7, 2021
  • TV Literasi

Ribuan Penari Tampilkan Tari Dolalak di Alun Alun Purworejo

Baca Juga

PUWOREJO – Sekitar 6.000 lebih penari Dolalak dari berbagai usia di Kabupaten Purworejo tampil bareng dalam pagelaran Dolalak massal di Alun-alun besar Purworejo.

Pagelaran ini sekaligus menunjukkan eksistensi seni tradisional asli Purworejo ini yang akan segera dikukuhkan sebagai warisan budaya tak benda oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI.

“Pengukuhan Dolalak sebagai seni tradisional warisan budaya tak benda ini telah dijadwalkan pada 18 Oktober mendatang,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Purworejo Agung Wibowo AP di sela-sela pagelaran Dolalak massal, Sabtu (14/9) sore.

Dalam pagelaran Dolalak massal ini melibatkan para penari dari pelajar tingkat SD, hingga SLTA dan umum. Juga kelompok sanggar kesenian, grup Dolalak dari berbagai desa dan lainnya.

Bahkan, sebagian dari prajurit Kodim 0708 juga ikut ambil bagian. Begitupun para pejabat di lingkungan Pemkab Purworejo dan Forkopinda juga ikut turun lapangan dan menari bersama dengan durasi sekitar 20 menit ini.

Pagelaran ini sempat menarik perhatian warga masyarakat dan menjadi tontonan segar bagi warga yang memadati seputar Alun-alun besar Purworejo.

Tarian Dolalak saat ini sudah berkembang pesat bahkan sudah menjadi brand image Kabupaten Purworejo. Hal ini tidak luput dari peran Pemkab Purworejo yang terus mengembangkan dan melestarikan kesenian ini.

“Bahkan di setiap event tingkat nasional, kesenian Dolalak selalu tampil sebagai suatu kesenian yang unik,” kata Bupati Purworejo H Agus Bastian SE MM.

SumberKRJogja

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terpopuler

Ombudsman: Sekolah Jual Seragam dan LKS ke Siswa Bisa Disanksi Administrasi dan Pidana

Agus menegaskan bahwa jual beli seragam, buku pelajaran dan LKS yang dilakukan pihak sekolah merupakan mal administrasi, sebuah pelanggaran administrasi, juga dapat dikategorikan sebagai tindakan Pungutan Liar atau Pungli, yang dapat dikenakan sanksi pidana bagi pelakunya.

Walau Telah Berusia 71 Tahun, Gondo Berhasil Rampungkan Pendidikan S-2 di ITS

Tekad besar Soejoto untuk menuntut ilmu membawanya dalam tujuan yang diinginkan. Pria yang selalu ceria ini sukses menuntaskan program magister (S-2) Teknik Kimia ITS dan resmi diwisuda di Graha Sepuluh Nopember ITS pada Ahad (15/9) kemarin.

Perpustakaan Tulungagung Dapat Tambahan Koleksi Sebanyak 586 Judul Buku

Sebanyak 586 judul buku baru tersebut terdiri dari 365 judul dalam bentuk buku elektronik (e-book), dan 221 judul dalam bentuk buku fisik dengan jumlah buku sebanya 275 buah.

Berita Terkait

close