Senin, Juni 1, 2020
  • Pendidikan
  • TV Literasi

Pengawas Sekolah Kabupaten Sidoarjo Ikuti Kursus Mahir Dasar Kepramukaan

Baca Juga

SIDOARJI, SERUJI.CO.ID – Sebanyak 55 orang pengawas sekolah mulai tingkat TK, SD, dan SMP, serta pengawas sekolah Pendidikan Agama Islam mengikuti Kursus Mahir Dasar (KMD) Jenggala 184 Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Sidoarjo.
Kegiatan tersebut digelar mulai tanggal 8 Januari hingga 12 Januari 2017.
Wakil Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin dalam pembukaannya mengatakan, jumlah pembina Gerakan Pramuka Kabupaten Sidoarjo selalu meningkat setiap tahunnya. Namun, kebutuhan pembina mahir masih belum terpenuhi oleh Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Sidoarjo.
“Saya atas nama ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Sidoarjo mengucapkan terimakasih kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidoarjo yang selalu mensupport Kwarcab Sidoarjo melalui beberapa kegiatannya,” ungkapnya, saat diwawancarai wartawan di kantor PGRI Kabupaten Sidoarjo, Senin (8/1).
Lebih lanjut, dia mengatakan tugas dan tanggung jawab pembina Pramuka cukup berat, terutama mendidik anak bangsa agar berjiwa Pancasila, setia dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
“Berbahagialah kita yang terpanggil dengan sukarela memerankan diri sebagai pembina Pramuka,” terangnya.
Sementara itu, Koordinator KMD, Suwandi menambahkan, kegiatan KMD digelar di dua tempat. Tanggal 8-9 Januari dilakukan di Kantor PGRI Kabupaten Sidoarjo, dan tanggal 10-12 Januari di Puri Gendis Trawas Mojokerto dalam bentuk perkemahan.
“Tujuannya untuk meningkatkan kompetensi pengawas sekolah dalam memahami kegiatan ekstrakulikuler wajib pendidikan kepramukaan,” kata dia.
Ia berharap melalui KMD tersebut pengawas sekolah mampu mengaplikasikan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI (Permendiknas) Nomer 63 Tahun 2014 tentang Pendidikan Kepramukaan Sebagai Kegiatan Ekstrakulikuler Wajib Pada Pendidikan Dasar dan Menengah di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sidoarjo. (Devan/SU05)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terpopuler

Sleepover dan Membangun Karakter

Di luar itu semua, ada juga yang kombinasi dari beberapa alasan di atas. Apa pun alasannya, kegiatan sleepover ternyata bermanfaat untuk membangun kohesi sosial, keterikatan serta pembangunan karakter, saling memahami, dan membangun sifat toleransi

Menag Kunjungi Rumah Penerima Bidik Misi IAIN Purwokerto

Kepada Emilia, gadis yang sudah ditinggal ibundanya sejak 40 hari kelahirannya, Menag berpesan agar program bidik misi ini terus diterima hingga kuliahnya selesai empat tahun atau delapan semester, maka prestasinya harus terjaga dan tidak boleh turun.

Kemendikbud Dorong Produser untuk Kembangkan Film yang Mendidik

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Pusat Pengembangan Perfilman (Pusbangfilm) memberikan apresiasi dan penghargaan kepada para produser yang filmnya berhasil mendapatkan lebih dari 1 juta penonton.

Kemenag Undang Siswa Madrasah Aliyah Ikuti Lomba Karya Ilmiah

Kementerian Agama melalui Direktorat Pendidkan Madrasah (Ditpenmad) kembali menggelar Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI). Event tahun ini merupakan gelaran kali kelima.

Indonesia dan Belanda Kerjasama Revitalisasi Pendidikan Kejuruan

JAKARTA -  Indonesia melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Pemerintah Belanda melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, dan Sains menandatangani tiga naskah kerja sama di...

Berita Terkait

close