Senin, Juni 1, 2020
  • Peristiwa
  • TV Literasi

Minum Teh Secara Rutin, Terbukti Dapat Meningkatkan Fungsi Otak

Baca Juga

JAKARTA – Manfaat teh ternyata begitu besar. Teh tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh, tapi juga baik untuk perkembangan otak. Riset terbaru menemukan, peminum teh reguler memiliki kawasan otak yang lebih terorganisasi. Kondisi ini dikaitkan dengan fungsi kognitif yang sehat dibandingkan dengan mereka yang tidak minum teh.

“Hasil penelitian kami menawarkan bukti pertama kontribusi positif minum teh bagi struktur otak dan ini mengindikasikan kalau minum teh secara reguler memiliki efek protektif terhadap penurunan organisasi otak terkait usia,” ungkap kajian yang ditulis Feng Lei, seorang asisten dosen dari National University of Singapore, yang dikutip Times Now News.

Riset sebelumnya telah menunjukkan bahwa asupan teh bermanfaat bagi kesehatan. Efek positif atas kegiatan ini termasuk perbaikan mood dan pencegahan penyakit kardiovaskular.

Untuk kajian yang dipublikasikan di jurnal Aging itu, tim periset merekrut 36 orang dewasa berusia 60 tahun ke atas dan mengumpulkan data kesehatan, gaya hidup dan kondisi psikologis mereka. Para peserta manula itu juga harus menjalani uji neuropsikologis dan pencitraan resonansi magnetik (MRI).

Kajian ini dilakukan selama 3 tahun, yaitu dari 2015—2018. Setelah menganalisis hasil performa kognitif dan pencitraan, tim periset menemukan orang yang mengonsumsi teh hijau, teh oolong atau teh hitam setidaknya empat kali sepekan selama 25 tahun memiliki kawasan otak yang terkoneksi dengan cara yang lebih efisien.

“Kami telah memperlihatkan dalam kajian kami sebelumnya bahwa peminum teh punya fungsi kognitif yang lebih baik dibandingkan yang bukan peminum teh. Hasil riset kami sekarang terkait jaringan otak secara tidak langsung mendukung penemuan kami sebelumnya dengan memperlihatkan efek positif minum teh secara reguler adalah hasil organisasi otak yang lebih baik dengan mencegah gangguan terhadap koneksi antarwilayah,” papar Lei.

SumberSindonews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terpopuler

Sleepover dan Membangun Karakter

Di luar itu semua, ada juga yang kombinasi dari beberapa alasan di atas. Apa pun alasannya, kegiatan sleepover ternyata bermanfaat untuk membangun kohesi sosial, keterikatan serta pembangunan karakter, saling memahami, dan membangun sifat toleransi

Menag Kunjungi Rumah Penerima Bidik Misi IAIN Purwokerto

Kepada Emilia, gadis yang sudah ditinggal ibundanya sejak 40 hari kelahirannya, Menag berpesan agar program bidik misi ini terus diterima hingga kuliahnya selesai empat tahun atau delapan semester, maka prestasinya harus terjaga dan tidak boleh turun.

Kemendikbud Dorong Produser untuk Kembangkan Film yang Mendidik

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Pusat Pengembangan Perfilman (Pusbangfilm) memberikan apresiasi dan penghargaan kepada para produser yang filmnya berhasil mendapatkan lebih dari 1 juta penonton.

Kemenag Undang Siswa Madrasah Aliyah Ikuti Lomba Karya Ilmiah

Kementerian Agama melalui Direktorat Pendidkan Madrasah (Ditpenmad) kembali menggelar Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI). Event tahun ini merupakan gelaran kali kelima.

Indonesia dan Belanda Kerjasama Revitalisasi Pendidikan Kejuruan

JAKARTA -  Indonesia melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Pemerintah Belanda melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, dan Sains menandatangani tiga naskah kerja sama di...

Berita Terkait

close