Sabtu, Desember 5, 2020
  • Pendidikan
  • TV Literasi

Masyarakat Perlu Berhati-hati memilih Homeschooling

Baca Juga

JAKARTA – Masyarakat diingatkan agar berhati-hati dalam memilih yayasan atau lembaga yang menyelenggarakan homeschooling. Hal itu disampaikan oleh Ketua Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Wilayah II Jakarta Utara, Mulyadi, di Jakarta, Jumat (3/3).

Lebih lanjut Mulyadi memberikan tips bagi orang tua yang ingin memilih penyelenggara homeschooling. 

Pertama, yang harus diteliti oleh orang tua terkait administrasi. Apakah lembaga penyelenggara homeschooling telah memiliki payung hukum sebagai lembaga resmi yang sudah terdaftar di Kemenkumham. Selain itu perlu juga diteliti apakah sudah Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) yang artinya sekolah sudah terdaftar di dinas pendidikan setempat.

Kedua, penyelenggara homeschooling haruslah memiliki kurikulum yang jelas, sehingga anak mendapatpak program belajar yang jelas.

Ketiga, penyelenggara homeschooling harus mempunyai guru yang telah bersertifikat kompetensi. “Artinya guru mempunyai kemampuan untuk mengajar,” kata Mulyadi sebagaimana dikutip dari Antara.

Mulyadi yang juga ketua Yayasan Tunas Karya Bangsa, mengatakan, hal itu perlu diperhatikan oleh orang tua agar anak benar-benar memperoleh pendidikan yang layak.

Selain itu, Mulyadi juga mengingatkan agar lembaga tidak hanya memberikan nilai tanpa proses pembelajaran yang baik kepada murid. Ia mengatakan masih banyak penyelenggara homeschooling yang memerlukan pembinaan.

EDITOR: Harun S

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terpopuler

Kitab Kuning, (Apakah) Sudah Terlupakan?

Ada banyak nama sebagai sebutan lain dari kitab yang menjadi referensi wajib di pesantren ini disebut “kitab kuning” karena memang kertas yang digunakan dalam kitab-kitab tersebut berwarna kuning.

Berita Terkait

close