Senin, Juni 1, 2020
  • Pendidikan
  • TV Literasi

Mahasiswa ITS Luncurkan Terobosan Baru Untuk Masyarakat Pesisir

Baca Juga

SURABAYA, SERUJI.CO.ID – Mahasiswa asal Surabaya menciptakan terobosan baru dibidang kelistrikan yang ditujukan bagi masyarakat yang tinggal di pesisir pulau. Karena sejauh ini masyarakat yang tinggal di kawasan tersebut masih jarang dialiri arus Listrik.

Melihat kondisi tersebut, empat mahasiswa dari Departemen Teknik Elektro, Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, mengkonsep suatu pembangkit listrik tenaga gelombang laut. Alat ini, bernama Indonesia Tidal Power (INTIP).

Keempatnya adalah Ghufron Fawaid, Muhammad Rifky Abdul Fattah, Pinanggih Rahayu dan Aniq Jazilatur.

“Kebutuhan ini tidak mampu terpenuhi dengan pembangkit listrik yang ada sekarang, maka perlunya terobosan baru,” ungkap Rifky saat ditemui SERUJI, Kamis (4/1).

Sebagai negara kepulauan, jelas Rifky, gelombang laut Indonesia memiliki potensi energi yang sangat besar yang berpotensi meningkatkan rasio kelistrikan elektrifikasi.

“Rasio elektrifikasi adalah perbandingan jumlah daerah yang telah di aliri listrik dengan keseluruhan wilayah,” terangnya.

Diungkapkan juga oleh Rifky bahwa teknologi pembangkit energi listrik tenaga ombak yang paling bagus adalah Oscilating Water Column.

”Cara pengaplikasian alat ini, diletakkan di pesisir laut dan sangat cocok digunakan sebagai pembangkit listrik di daerah pesisir pulau,” ujarnya.

Sayangnya, Oscilating Water Column memiliki tingkat efisiensi yang masih rendah karena suplai udara ke generator tidak kontinyu. Sehingga mereka membuat kombinasi tenaga gelombang laut tipe Oscilating Water Column dan angin yang memanfaatkan sistem katub.

“Kami manfaatkan udara bertekanan tersebut untuk menggerakan pembangkit listrik tenaga angin,” jelasnya. (Devan/Hrn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terpopuler

Sleepover dan Membangun Karakter

Di luar itu semua, ada juga yang kombinasi dari beberapa alasan di atas. Apa pun alasannya, kegiatan sleepover ternyata bermanfaat untuk membangun kohesi sosial, keterikatan serta pembangunan karakter, saling memahami, dan membangun sifat toleransi

Menag Kunjungi Rumah Penerima Bidik Misi IAIN Purwokerto

Kepada Emilia, gadis yang sudah ditinggal ibundanya sejak 40 hari kelahirannya, Menag berpesan agar program bidik misi ini terus diterima hingga kuliahnya selesai empat tahun atau delapan semester, maka prestasinya harus terjaga dan tidak boleh turun.

Kemendikbud Dorong Produser untuk Kembangkan Film yang Mendidik

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Pusat Pengembangan Perfilman (Pusbangfilm) memberikan apresiasi dan penghargaan kepada para produser yang filmnya berhasil mendapatkan lebih dari 1 juta penonton.

Kemenag Undang Siswa Madrasah Aliyah Ikuti Lomba Karya Ilmiah

Kementerian Agama melalui Direktorat Pendidkan Madrasah (Ditpenmad) kembali menggelar Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI). Event tahun ini merupakan gelaran kali kelima.

Indonesia dan Belanda Kerjasama Revitalisasi Pendidikan Kejuruan

JAKARTA -  Indonesia melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Pemerintah Belanda melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, dan Sains menandatangani tiga naskah kerja sama di...

Berita Terkait

close