Senin, Juni 1, 2020
  • Pendidikan
  • TV Literasi

Kemendikbud: Bonus Demografi Syarat Jadi Negara Maju

Baca Juga

PADANG – Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Harris Iskandar mengatakan bonus demografi merupakan salah satu syarat untuk menjadi sebuah negara maju.

“Saat ini Indonesia membutuhkan bonus demografi yang besar agar dapat menjadi negara maju. Untuk mewujudkan hal itu, butuh sinergi dari semua pihak,” katanya di Padang, Sumatera Barat, Sabtu (5/8).

Ia menyampaikan hal itu dalam seminar parenting dengan tema “Keselarasan Pola Asuh Antara Keluarga, Satuan Pendidikan, dan Masyarakat Dalam Membentuk Karakter Anak” di Padang.

Menurut dia, untuk menghasilkan bonus demografi tersebut, kunci utamanya berada pada keluarga karena untuk membentuk karakter anak.

“Orang tua memiliki peran yang besar mulai dari hamil, melahirkan, mendidiknya, hingga masuk bangku sekolah,” katanya.

Setelah masuk sekolah, pendidikan anak juga tidak bisa diserahkan seluruhnya pada tenaga pendidik, tetapi juga harus ada kontrol dan pendampingan oleh orang tua di rumah.

“Memberi perhatian kepada anak sejak kecil merupakan salah saru cara untuk membentuk karakter anak,” katanya.

Ia mengemukakan bahwa saat ini untuk keluarga yang memiliki kelas sosial ekonomi menengah ke atas terdapat beberapa perubahan perilaku mendidik anak beberapa waktu terakhir.

Kebanyakan dari mereka, kata Harris Iskandar, ketika anaknya lahir, banyak yang mempercayai sepenuhnya mengasuh dan mengajari anak melalui pengasuh, mungkin karena kesibukan kerja.

“Dengan perilaku itu, anak tidak mendapatkan rangsangan emosional dari orang tuanya sehingga perilakunya juga akan berubah ketika besar,” katanya.

Untuk itu, dibutuhkan peran besar orang tua untuk mendapatkan bonus demografi di Indonesia sehingga hal itu juga akan berdampak pada terbentuknya karakter anak dan tidak membuat keresahan di lingkungan keluarga.

“Kondisi pendidikan Indonesia saat ini merupakan satu dari 17 negara yang mengalami kekerdilan pendidikan dengan tingkat 39 persen,” ungkap Harris Iskandar.

Ia menyebutkan beberapa daerah di Indonesia terdapat tingkat pendidikan yang masih rendah. Misalnya, yang masuk sekolah dasar sebanyak 1.000 siswa, 12 tahun kemudian yang tamat hanya setengahnya.

“Hal ini cukup memprihatinkan, salah satu syarat makmurnya bangsa mengalami kekerdilan, itu bukan masalah sepele,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Sumbar Burhasman Bur mengatakan bahwa pihaknya berkomitmen mewujudkan bonus demografi yang tinggi.

“Memang bonus demografi ini akan menentukan kemakmuran sebuah bangsa. Untuk mewujudkan itu, kami terus berusaha meningkatkan kualitas pendidikan,” katanya. (IwanY)

SumberAntara

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terpopuler

Sleepover dan Membangun Karakter

Di luar itu semua, ada juga yang kombinasi dari beberapa alasan di atas. Apa pun alasannya, kegiatan sleepover ternyata bermanfaat untuk membangun kohesi sosial, keterikatan serta pembangunan karakter, saling memahami, dan membangun sifat toleransi

Menag Kunjungi Rumah Penerima Bidik Misi IAIN Purwokerto

Kepada Emilia, gadis yang sudah ditinggal ibundanya sejak 40 hari kelahirannya, Menag berpesan agar program bidik misi ini terus diterima hingga kuliahnya selesai empat tahun atau delapan semester, maka prestasinya harus terjaga dan tidak boleh turun.

Kemendikbud Dorong Produser untuk Kembangkan Film yang Mendidik

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Pusat Pengembangan Perfilman (Pusbangfilm) memberikan apresiasi dan penghargaan kepada para produser yang filmnya berhasil mendapatkan lebih dari 1 juta penonton.

Kemenag Undang Siswa Madrasah Aliyah Ikuti Lomba Karya Ilmiah

Kementerian Agama melalui Direktorat Pendidkan Madrasah (Ditpenmad) kembali menggelar Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI). Event tahun ini merupakan gelaran kali kelima.

Indonesia dan Belanda Kerjasama Revitalisasi Pendidikan Kejuruan

JAKARTA -  Indonesia melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Pemerintah Belanda melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, dan Sains menandatangani tiga naskah kerja sama di...

Berita Terkait

close