Senin, Oktober 18, 2021
  • Pendidikan
  • TV Literasi

JK: Mahasiswa Jangan Hanya Kejar Ijazah

Baca Juga

MAKASSAR, SERUJI.CO.ID – Wakil Presiden Republik Indonesia Muhammad Jusuf Kalla berpesan agar para mahasiswa tidak hanya fokus mengejar ijazah, namun mencari ilmu atau keahlian yang bisa digunakan untuk masa depan Pada acara peresmian Gedung Baru Universitas Fajar (Unifa) di Makassar, Jumat (26/1), JK mengatakan di Indonesia hanya menerima pegawai kurang lebih 20 ribu orang dan para pencari kerja dengan tingkat pendidikan sarjana strata satu (S1) justru yang diterima hanya sekitar 10 ribu orang.

“Yang sarjana S1 diterima dalam setahun hanya sepuluh ribu orang. sementara yang dihasilkan dalam setahun (alumni) ada hampir satu juta orang, jadi hanya ada satu persen yang diterima,” kata JK.

Melihat kondisi itu maka para mahasiswa harus mulai berfikir untuk berani menjadi profesional termasuk untuk menekuni dunia usaha atau berwirausaha.

Orang nomor dua di Indonesia itu memberikan contoh dua sosok pengusaha dunia yang tidak mengandalkan ijazah, namun ternyata mampu meraih kesuksesan.

Kedua sosok yang layak menjadi inspirasi itu seperti Bill Gates dan Mark Zuckerberg. JK yang berlatar belakang pengusaha ini mengagumi sosok Mark Zuckerberg yang mendirikan Facebook saat di ‘drop out’ dari kampusnya.

Sementara Rektor Unifa Prof Sadly Abdul Jabar mengatakan pihaknya lebih menekankan aspek mutu, sebab persaingan untuk dunia pendidikan ke depan dipastikan semakin ketat.

Aspek mutu, kata dia, tidak hanya dipandang dari sisi ‘out put’ atau seberapa besar mampu melahirkan alumni, namun harus memperhatikan dan mengutamakan mutu agar lulusan kampus tersebut dapat diterima di dunia kerja. (Ant/SU05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terpopuler

Sleepover dan Membangun Karakter

Di luar itu semua, ada juga yang kombinasi dari beberapa alasan di atas. Apa pun alasannya, kegiatan sleepover ternyata bermanfaat untuk membangun kohesi sosial, keterikatan serta pembangunan karakter, saling memahami, dan membangun sifat toleransi

Menag Kunjungi Rumah Penerima Bidik Misi IAIN Purwokerto

Kepada Emilia, gadis yang sudah ditinggal ibundanya sejak 40 hari kelahirannya, Menag berpesan agar program bidik misi ini terus diterima hingga kuliahnya selesai empat tahun atau delapan semester, maka prestasinya harus terjaga dan tidak boleh turun.

Kemendikbud Dorong Produser untuk Kembangkan Film yang Mendidik

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Pusat Pengembangan Perfilman (Pusbangfilm) memberikan apresiasi dan penghargaan kepada para produser yang filmnya berhasil mendapatkan lebih dari 1 juta penonton.

Kemenag Undang Siswa Madrasah Aliyah Ikuti Lomba Karya Ilmiah

Kementerian Agama melalui Direktorat Pendidkan Madrasah (Ditpenmad) kembali menggelar Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI). Event tahun ini merupakan gelaran kali kelima.

Indonesia dan Belanda Kerjasama Revitalisasi Pendidikan Kejuruan

JAKARTA -  Indonesia melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Pemerintah Belanda melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, dan Sains menandatangani tiga naskah kerja sama di...

Berita Terkait

close