Minggu, Oktober 17, 2021
  • TV Literasi

Jepang Undang 158 Guru Pesantren untuk Studi

Baca Juga

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Duta Besar (Dubes) Jepang di Indonesia Masafumi Ishii mengatakan Jepang telah mengundang 158 guru pesantren untuk studi ke negara tersebut sejak 2004.

“Jepang sejak tahun 2004 melaksanakan program undangan guru pesantren dengan bantuan Pusat Pengkajian Islam dan Masyarakat. Program ini sampai sekarang berjalan selama 15 tahun dan total 158 orang telah pergi ke Jepang. Saya mengucapkan terima kasih atas bantuan semua pihak dalam pelaksanaan program ini,” kata Dubes Masafumi dalam acara buka bersama dengan tokoh Islam Indonesia di kediamannya di Jakarta, Senin (4/6).

Menurut Dubes Masafumi, pertukaran dengan pesantren merupakan kesempatan penting bagi masyarakat Jepang untuk belajar tentang Indonesia dan masyarakat Indonesia memperdalam pengetahuan tentang Jepang.

Dia mengatakan pihaknya juga akan mengadakan program undangan guru pesantren ke Jepang pada 2018.

Pemerintah Jepang telah mengundang 30 pemimpin pesantren maupun pemuda dari Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah 2017 dalam program Jenesys.

November 2017, pihaknya juga telah mengundang 15 orang dari Universitas Islam Negeri (UIN) di seluruh Indonesia dan para peneliti muda.

Dia menuturkan pertukaran antar warga pemuda dapat membangun masyarakat damai dan memperkuat ikatan antara negara pada masa mendatang.

Dengan adanya berbagai program dan persahabatan, maka ada saling pengertian antara masyarakat Jepang dan Indonesia semakin mendalam.

Dia mengatakan semakin banyak wisatawan muslim Indonesia maupun dunia berkunjung ke Jepang dan semakin banyak toko dan restoran yang menyediakan makanan halal di Jepang khususnya di Kyoto dan Hokkaido. (Ant/SU02)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terpopuler

Sleepover dan Membangun Karakter

Di luar itu semua, ada juga yang kombinasi dari beberapa alasan di atas. Apa pun alasannya, kegiatan sleepover ternyata bermanfaat untuk membangun kohesi sosial, keterikatan serta pembangunan karakter, saling memahami, dan membangun sifat toleransi

Menag Kunjungi Rumah Penerima Bidik Misi IAIN Purwokerto

Kepada Emilia, gadis yang sudah ditinggal ibundanya sejak 40 hari kelahirannya, Menag berpesan agar program bidik misi ini terus diterima hingga kuliahnya selesai empat tahun atau delapan semester, maka prestasinya harus terjaga dan tidak boleh turun.

Kemendikbud Dorong Produser untuk Kembangkan Film yang Mendidik

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Pusat Pengembangan Perfilman (Pusbangfilm) memberikan apresiasi dan penghargaan kepada para produser yang filmnya berhasil mendapatkan lebih dari 1 juta penonton.

Kemenag Undang Siswa Madrasah Aliyah Ikuti Lomba Karya Ilmiah

Kementerian Agama melalui Direktorat Pendidkan Madrasah (Ditpenmad) kembali menggelar Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI). Event tahun ini merupakan gelaran kali kelima.

Indonesia dan Belanda Kerjasama Revitalisasi Pendidikan Kejuruan

JAKARTA -  Indonesia melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Pemerintah Belanda melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, dan Sains menandatangani tiga naskah kerja sama di...

Berita Terkait

close