Senin, April 19, 2021
  • Pendidikan
  • TV Literasi

Beri Kesejahteraan Guru Agama, Pemerintah Siap Anggaran Rp5,3 Triliun

Baca Juga

SURABAYA, SERUJI.CO.ID – Pemerintah menyiapkan anggaran Rp5,3 triliun setiap tahunnya untuk memberikan kesejahteraan bagi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di seluruh Indonesia.

Menteri Agama, Lukman Hakim Saifudin mengatakan meski demikian anggaran tersebut masih dirasa kurang untuk memenuhi kesejahteraan guru PAI di Indonesia.

“ Kami yang dikementerian Agama masih terus mencari formula khusus agar bisa menambah kesejahteraan guru agama tersebut. Hampir tiap minggu di internal Kementerian Agama selalu berdiskusi dan melakukan studi kelayakan untuk kesejahteraan guru agama,” ungkapnya saat menghadiri Kongres Ke-3 Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia (AGPAII) di Surabaya, Sabtu(2/12).

Menteri yang juga politisi dari PPP ini mengatakan meski dengan anggaran Rp5,3 triliun tersebut masih kurang, pihaknya masih bersyukur telah menyelesaikan tunggakan terhutang dari Kementerian Agama kepada guru PAI se Indonesia.

“Dibandingkan anggaran untuk pesantren sebesar Rp 900 Miliar, kami merasa anggaran tersebut masih kurang,” jelasnya.

Diakui oleh Lukma Hakim Saifudin bahwa selama ini ada beberapa daerah di Indonesia yang memberikan kesejahteraan tambahan bagi guru PAI.

”Biasanya daerah yang anggarannya lebih memberi tunjangan kesejahteraan bagi guru PAI. Namun, demikian untuk pemenuhan guru PAI sampai sekarang masih terpusat yaitu merupakan tanggungjawab Kemenag,” tandasnya. (Setya/Hrn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terpopuler

Tingkat Literasi Pelajar Indonesia Masih Rendah, Inilah Hasil Survei PISA

Kompetensi membaca pelajar Indonesia menurut hasil survei PISA 2015 meraih nilai 397. Angka ini jauh di bawah  rata-rata OECD sebesar 493. Demikian pula skor kompetensi matematika hanya 386, tertinggal dari rata-rata OECD sebesar 490.

Berita Terkait

close